; Tribrata Lamongan | Portal Resmi Polres Lamongan

Kapolres Lamongan Pimpin Konferensi Pers Ungkap Kasus Penipuan Atau Penggelapan Di Lobby Satreskrim

og:image

Lamongan, 30/03/2021 Tribratanewspolreslamongan.com – Bertempat di lobby Satreskrim Polres Lamongan pada Selasa siang (30/03) telah dilaksanakan Konferensi Pers ungkap kasus penipuan atau penggelapan (Penggandaan uang dan bambu/ pring petuk) yang dipimpin secara langsung oleh Kapolres Lamongan AKBP MIKO INDRAYANA, S.I.K didampingi Kasat Reskrim Polres Lamongan AKP YOHAN SEPTI HENDRI, S.I.K, Kasubbag Humas Polres Lamongan IPTU ESTU KWINDARDI, S.H dan anggota Satreskrim.

Adapun tersangka yang berhasil diamankan yaitu MA (55) warga Kec. Ngimbang Kab. Lamongan yang melakukan tindak pidana penipuan dirumah tersangka di Desa Girik. Modus operandinya, awalnya korban DS (46) dan korban DWN (44) diminta menyerahkan uang kepada MA untuk keperluan membeli perlengkapan ritual. Selanjutnya MA berjanji akan memberikan bambu petuk yang asli/alami, setelah terpenuhi MA memberikan perlengkapan ritual yang palsu tersebut kepada DS dan DWN.

Sementara korban lain yang ditipu oleh tersangka adalah S (46) yang diminta menyerahkan uang kepada tersangka MA untuk keperluan membeli perlengkapan ritual berupa Candu putih (Kemenyan putih) dan pada saat itu tersangka berjanji akan memberikan uang lebih banyak dari jumlah uang yang korban serahkan melalui proses penggandaan uang, ketiga korban tersebut berasal dari Kabupaten Mojokerto.

Setelah menerima pelimpahan laporan Polisi dari Polda Jatim, anggota Satreskrim segera melakukan serangkaian tindakan penyelidikan untuk menemukan suatu peristiwa pidana dalam perkara tersebut. Setelah mengumpulkan barang bukti dan menemukan tersangkanya, Tim Jaka Tingkir bergegas mencari keberadaan tersangka MA hingga berhasil melakukan penangkapan dan penggeledahan dirumah pelaku. 

Hasil dari penggeledahan diketemukan barang bukti berupa uang mainan, kain warna hitam dan putih, minyak, dupa dan sejumlah barang bukti lainnya. Selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke Polres Lamongan guna penyidikan lebih lanjut. Guna mempertanggungjawabkan tersangka MA dikenakan pasal 378 KUHP dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama – lamanya 4 Tahun.

TAGS : PolresLamongan BeritaPolisi KapolresLamongan breakingnewslamongan SatreskrimPolresLamongan infoterkini

BACA JUGA